Skip to main content

Alasan Aku Blogging~

Bismillahirrahmanirrahim...

Ngetik malam ini pakai laptop, moodnya disponsori oleh sop tangkar buatan mama yang selalu luar biasa. Hihi

Apa ya yang mau ditulis?
Nggak ada topik khusus sih...

Ah ini aja, alasan Blogging?
Perlu nggak? Say "yes" aja :p

Ok, here we go~

Alasan kenapa aku suka blogging, bukan "buat menunjukkan ke semua teman teman SMA bahwa aku bisa, bahwa aku populer" whehehee (pasti banyak yang nggak ngerti nih), nggak lah becanda nih. Apa ya alasan pastinya, mungkin karena di blog, lebih sistematis aja kayaknya.

Aku memang suka nulis.

Berawal dari baca, jadi kalau lagi sesi introduction di depan kelas dan ada bagian "my hobby is..." kemudian ku bilang "my hobby is reading", ini bukan formalitas aja. Aku memang suka baca dari lahir. Hihi
Baca semua yang menarik. Mulai dari buku pelajaran, buku pelajaran Agama sama Bahasa Indonesia tentunya, karena banyak cerita-cerita seru. Kadang juga kalau di buku Bahasa Inggris ada dongengnya, aku baca juga. Kadang juga baca buku Sejarah, yang bagian perjuangan Indonesia melawan penjajah (oh ya, Happy Independence Day ya Indonesiaku!). Kalau bukunya udah abis dibaca, mulai coba nyari bacaan lain. Kebetulan dulu di rumah pernah nyewain komik sama novel, dari situ aku suka juga baca komik dan novel-novel. Ya pokoknya I love reading.

Kemudian di usia SD ku, aku mulai pengen nulis novel juga, karena aku pengen bikin cerita versi aku sendiri. Dari sini aku belajar nulis otodidak, bermodalkan komputer pentium 3 di rumah sama beberapa novel. Aku mulai belajar nulis yang baik dan benar, mulai dari hal sepele, seperti abis tanda titik tuh hurufnya mesti kapital, kalau nulis nama kudu huruf kapital juga, dan penulisan EYD seperti kebanyakan. That's interesting. Tapi kekuranganku adalah aku cepet bosen dan nggak terlalu suka nulis hal detail. Kalau novel kan harus detail ya, kayak menggambarkan keadaan sekeliling atau hal kecil yang dilakukan sama tokohnya. Mungkin kalau kalian suka baca novel, kalian ngerti maksudku. Ya hal-hal semacam itu, agak membosankan buat aku. Jadi aku nyerah nulis novel. Hehehehee

Kemudian aku SMP, dan udah nggak main komputer lagi, karena kesibukan anak SMP. Aku ikut drumband dong, hihi. Aku suka drumband, aku suka latihan, aku suka ikut karnaval, aku suka ikut display (aku nggak tau kenapa namanya display, tapi pada tau aja kan?), aku suka ijin belajar di kelas dan kabur buat latihan, aku suka bagian panas-panasannya sampe aku jadi item banget, aku suka semua hal di drumband. Passion lah, kalian pasti tau gimana rasanya menyelami sesuatu yang kalian suka. Biar capek, kalian menjalaninya tanpa beban, and it's okay!

Then, aku SMA. Udah jamannya Facebook tuh taun 2008. Aku punya akun Facebook dan hobi nulisku mulai tersalurkan lagi. Nulis status-status aja awalnya. Terus mulai nyobain fitur Catatan di Facebook. Ternyata lebih nyaman banget karena bisa nulis panjang lebar. Hehe

Aku masih nulis di Catatan Facebook itu sampai aku kuliah semester awal, kemudian ada sedikit masalah di Facebook-ku. Beberapa catatan hilang tanpa sebab. Entah dihapus pihak Facebook (tapi nggak penting juga mereka ngapus) atau dihapus sama seseorang yang tau passwordku, tapi nggak penting juga dia ngapus, karena isinya nggak ada mengandung pencemaran nama baik kok. Hehehe. Ya pokoknya beberapa masterpiece-ku ilang dan aku jadi males deh. Kemudian untuk beberapa alasan, Facebook lama aku tutup, aku pake akun baru, dan udah nggak minat nulis lagi. Karena trauma catatan ilang.

Di tahun 2011 aku nyoba pakai Blog. Tapi nulis topik umum, dan sangat jarang nulis, karena susahnya jaringan internet. Aku mainnya Twitter waktu itu, dan kalau nggak salah ada tweet tentang lomba blog gitu kan, jadi aku mulai blogging, belajar nulis lagi dari nol. Aku nulis dulu di Ms. Word baru abis itu main ke warnet buat mindahin ke blog. Agak merepotkan tapi nggak apa. Pokoknya gitu lah cara ngakalin biar tetep nulis di blog. Jadi aku kalau lagi mood, nulis beberapa judul, aku simpen dulu di flashdisk, baru kalau main ke warnet, ku upload. Kalau mood nulis, sekali duduk aja, udah bisa jadi 3 judul. Namanya juga passion kan?

Tapi nggak pernah menang ih lomba blog, kesel deh. Ya aku coba iseng buka link blog yang menang, penasaran aja sebagus apa sih tulisan mereka? Eh pas baca, iya loh bagus. Hahaha
Maklum aku kan amateur.

Menjelang semester akhir, kosanku pasang Wifi dan sangat amat teramat membantu aku buat blogging. Aku mulai nyoba nulis opini, pengalaman, dan kesan-kesan. Aku share di Facebook. Dan lumayan pembacanya banyak. Pembacanya temen-temen aku sih, hihi. Mereka banyak kasih masukan postif, mereka bilang mereka suka bacanya. Apalagi kalau aku nulis kesan-kesan buat mereka, mereka bakal screenshot dan upload di sosial media mereka, kemudian mereka menyertakan caption seperti "thanks, Mukti". Dan of course itu membuat aku semangat.

Sampai akhirnya aku lulus, balik ke rumah yang nggak ada Wifi-nya, terus aku bingung lagi gimana mau nulis. Tapi beruntungnya android udah bisa tethering, jadi tetep bisa on kapanpun (selama ada kuota). Dikasih tau temenku juga bahwa Blogger udah ada aplikasinya, bisa nulis dari handphone juga. Eh tapi kurang oke menurutku, karena pas dibuka dari web, nggak ada enternya gitu. Yaudah aku uninstall aplikasinya dan balik nulis dari laptop.

Abis itu aku coba buka Blogger lewat Chrome, dan enak kok, sama aja kayak buka lewat laptop. Jadilah sampai sekarang aku lebih sering buka lewat Chrome di HP. Cuman ya kadang kalau lagi main laptop, bisa juga nulis disini kayak sekarang.

Eh ini lagi ngomongin apaan yaaaaa

Hahahahahah

Oh ya sori lupa, tadi mau cerita alasan Blogging kaaaan?
Wkwkwkwkwwk

Iya let's back to our topic!

Alasannya...karena aku suka nulis! Gitu aja hehe

Apa yang aku tulis, biasanya aku baca lagi. Sejalan dengan bacaan itu, memori dibalik tulisan itu hadir. Lebih kayak nostalgia sih. Aku kadang ketawa-ketawa ketika baca postingan-postinganku. Bukan pengalaman atau ceritanya yang bikin ketawa, tapi cara aku menyampaikan dan diksinya yang kadang menggelitik. Narsis ya? Hihii

Eh tapi beneran loh. Ku rasa semua orang punya cerita lucu atau mengalami hal-hal menarik di tiap harinya, tapi nggak semua bisa ceritain ulang dan bikin pendengarnya ketawa bareng. Ada juga yang punya cerita biasa aja, tapi dia bisa ceritain dengan sudut pandang yang berbeda dan diksi yang unik, sehingga orang-orang dengernya hepi. Aku gabungan diantara keduanya. Yang pasti, apapun kejadian yang terjadi di hari-hari aku, aku pengen share biar semua orang ngerasain apa yang aku rasa. Dan terpenting, buat memori aku aja, biar one day ketika aku baca lagi, aku jadi inget.

Aku juga pengen menginspirasi dan membuat orang-orang yang baca Blog-ku jadi hepi.

Itu aja sih~ heheehehe

Semoga temen-temen yang baca Blog aku mendapat banyak inspirasi dan manfaat ya dari Blog ini... Bye bye

Comments

Popular posts from this blog

Semua Aku Dirayakan💜

Terkadang hal sepele untuk kita, bisa sangat berharga bagi yang lain. Ditulis di hari jumat, sehari sebelum hari guru. Hari yang ku takuti :') Hari guru menjadi sakral untukku setelah aku jadi guru, 7 tahun yang lalu. Sejak itu, tiap bait lagu hymne guru selalu bermakna. Merayakan hari guru seyogyanya bukanlah kewajiban siswaku, tapi entah kenapa aku terluka bila mereka tak merayakannya bersamaku. Aku benci perasaanku ini. Aku minta maaf telah membebani mereka. Dan teman sejawatku pun begitu. Mereka bilang, "anak anak tidak perlu kasih hadiah, eh tapi kalau tidak dikasih kok sedih juga. Lihat yang lain dikasih, kok aku tidak". Begitulah hati guru, fragile nan rapuh.  Sebenarnya bukan kadonya yang membuat hari guru spesial, tapi melihat usaha mereka merayakan hari guru, membuatku terkesan. Anak anak boleh mengatakan, "ibu maaf tidak membelikan kado, kami sayang ibu, selamat hari guru", itu pun tak apa. Aku menyukainya. Anak anak boleh hanya mengucapkan, boleh mem

Paska Ujian Kompre

Bismillah... telah menyelesaikan ujian komprehensif selama tiga puluh menit dengan baik. You are really doing fine! :) Setelah menerjang badai di akhir desember sampai pertengahan maret, yang ternyata masih menyisakan hujan lebat hingga bulan mei kemarin, aku sungguh basah kuyup dan kedinginan. Tapi aku bertahan, bahkan dengan kekuatanku yang tidak seberapa, aku memberanikan diri ikut PPG. Masya Allah. Kalau diingat-ingat, kuasa Allah sangat besar padaku :') Perjalanan yang sangat sangat tidak mudah. Hm...sekian intronya ya. Hihi.  *** Anyway, sebelum ujian komprehensif hari ini, selasa malamnya temen temen di grup kim A ada beberapa yang bermaaf-maafan. Disitulah aku mulai sedih juga. Karena aku baru pertama kali menjalani pendidikan ini (dan ku rasa semua orang juga menjalani yang pertama dan terakhir kalinya), aku clueless untuk tau setelah ini tahapannya apa, setelah ini bagaimana, dll. Tapi sepertinya setelah ini ya kami akan pe-pe-el dan bakal masuk di kelompok yang lebih kec

Happy Graduation Kelas XII 2019

Ditujukan untuk anak anak baik yang berhati lapang dan berpikiran terbuka. Bagi yang hatinya sempit, pikirannya tertutup, emosian, sebaiknya tidak perlu membaca❤ hihi Bismillahirrahmanirrahim... Assalamualaikum... Memenuhi janji nulis tadi. Let me say this first ya, "Selamat perpisahan anak-anak!" Alhamdulillah hari kemarin nggak ada yang nangis. Semuanya happy. Semuanya cantik cantik dan ganteng ganteng as always. Sebenarnya cuman mau nulis "sorry and thank you" aja sih ini. Hehe. Sebelumnya juga ibu minta maaf, karena tulisan ini ditujukan untuk anak anak seangkatan, ibu nggak bisa kalau harus menuliskan nama kalian satu satu dan mengulasnya. Gimana ibu bisa nulis ulasan buat 199 anak? Too much ya, Nak. Bisa nangis jari jari ibu. Anyway. Ya, akhirnya kita sampai di hari ini. Ibu bahagia untuk kesempatan yang sudah Allah berikan pada ibu. Ibu bisa mengantarkan kalian sampai disini. Selesai sudah tanggung jawab ibu. Untuk beberap